Menguatkan Pilar Ekonomi Desa

PROGRAM SUKSES: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo saat peluncuran buku Rural Ekonomics III: Menguatkan Pilar Ekonomi Desa di Balai Makarti Muktitama, Jakarta, Selasa (15/10).

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) secara resmi meluncurkan buku Rural Ekonomics III: Menguatkan Pilar Ekonomi Desa di Jakarta, Selasa (15/10). Buku itu berisi visi, misi, dan road map yang dijalankan Kemendes PDTT dalam membangun perekonomian desa.
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menjelaskan, permasalahan utama di desa adalah kemiskinan. Menurut dia, kemiskinan hanya bisa diatasi dengan menciptakan aktivitas perekonomian di desa. ’’Karena itu, tujuan diterbitkannya buku ini adalah untuk sharing bagaimana proses kita menciptakan aktivitas ekonomi di desa,” kata Eko.
Perekonomian desa semakin menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan adanya program dana desa yang disalurkan pemerintah. Pada 2019, secara rata-rata per desa menerima Rp 934 juta. Selama periode 2015–2019, jumlah desa bertambah dari 74.093 menjadi 74.953 desa.
’’Secara akumulasi lima tahun terakhir, pemerintah menyalurkan lebih dari Rp 257 triliun dana desa. Jika ditambah akumulasi ADD (alokasi dana desa) yang Rp 176 triliun, lebih dari Rp 433 triliun uang mengalir ke desa selama 2015–2019,” ujarnya.
Dari sisi pembangunan, Eko menyebutkan bahwa hingga akhir Juli 2019, lebih dari 201.000 kilometer jalan desa terbangun. Setiap desa rata-rata membangun 2,6 kilometer jalan. Selain itu, masih banyak infrastruktur lain yang dibangun. Misalnya, 260.000 MCK, 10.000 polindes, 26.000 posyandu, dan 49.000 sumur.
Meski demikian, dia tidak menampik masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk membangun pedesaan di Indonesia. Dia menyebut pembangunan pedesaan adalah upaya yang tidak mengenal akhir. ’’Yang paling penting adalah bagaimana kita menciptakan aktivitas ekonomi supaya kemiskinan berkurang. Dengan begitu, secara otomatis permasalahan lain juga berkurang,” ujarnya.
Share:

Recent Posts